Selasa, 18 Oktober 2016

BROKOLI SIRAM JAMUR

بسم الله الرحمن الرحيم


Brokoli
(Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker

Sedangkan....

Jamur tiram
(Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.
Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.

Source:  Wikipedia

Subhanalloh.. Brokoli dan Jamur Tiram sangat banyak manfaatnya.. Mari mengolahnya..

Brokoli Siram Jamur



✔ Bahan:

- 1 buah brokoli, berat kira-kira 500 gram, pisahkan kuntum dan batangnya. Kuoas kulit ari bagian batangnya lalu potong korek api
- 1 bungkus jamur tiram (berat 200 gram), bisa menggunakan jenis jamur lainnya. Cuci, peras, suwir-suwir.

✔ Bumbu:

- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 4 butir bawang putih, cincang halus
- 1 1/2 cm jahe, cincang halus
- 1 sendok makan saus tiram
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh tepung maizena larutkan dengan 3 sendok makan air
- 100 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

✔ Cara membuat:
- Kukus brokoli hingga setengah matang saja, jangan mengukusnya hingga lunak. Tekstur brokoli sebaiknya masih tetap crunchy, sisihkan.
- Kukus sebentar jamur tiram untuk menghilangkan bau langunya, sisihkan.
- Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
- Tambahkan saus tiram, dan gula pasir. Aduk dan tumis beberapa detik agar saus tiram harum aromanya.
- Tambahkan garam, merica bubuk, larutan maizena dan air. - Aduk-aduk hingga mendidih dan kental.
- Masukkan jamur, aduk dan masak selama 1 menit hingga, cicipi rasanya dan angkat.
- Siapkan piring saji, tata brokoli melingkar di piring, batang brokolinya dibagian tengah yah.
- Tuangkan tumisan jamur di tengahnya. Sajikan.

Note: Brokoli paling lezat jika dimasak setengah matang jadi jangan terlalu lama memasaknya hingga brokoli terlalu lunak.

Source:  Justtryandtaste



بارك الله فيكم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar