Kamis, 01 Desember 2016

DDUKBOKKI ATAU TTEOKBOKKI

بسم الله الرحمن الرحيم

TTEOKBOKKI ( Kue Beras Pedas Korea)



Tteokbokki atau biasa disebut kue beras pedas ala Korea adalah jajanan khas Korea. Disebut juga topokki, dukboki, atau teokbokki (dalam bahasa korea: 떡볶이). Rasanya pedas manis dan gurih, berbahan utama Tteok yakni kue beras kenyal tapi lembut yang terbuat dari tepung beras sushi. Selain itu dalam hidangan ini juga digunakan oemuk atau kek ikan (fish cake) yang agak mirip bakso ikan. Dimasak bersama dengan saus sambal pedas manis khas korea bernama gochujang.

Hidangan Tteokbokki ini sudah ada sejak dinasti Joseon. Ketika itu tteokbokki menjadi makanan kerajaan atau dianggap makanan untuk para ningrat. Gungjung tteokbokki bentuknya berbeda dengan tteokbokki yang kita kenal sekarang. Warnanya tidak merah menyala melainkan kecokelatan, dan tidak pedas karena bumbunya hanya berupa kecap asin. Selain tteok dalam hidangan tersebut juga terdapat daging sapi, dan sayuran lainnya, seperti toge, jamur shiitake, dll. Setelah perang Korea berakhir, mulai diperkenalkan bumbu gochujang. Setelah itu tteokbokki dimasak dengan resep versi baru menggunakan saus pedas ini. Akhirnya resep tteokbokki baru malah lebih popular dari pada resep originalnya. Dan pertama kali di jual di salah satu sudut kota seol bernama sindang-dong. Sampai saat ini daerah tersebut dikenal sebagai pusatnya tteokbokki (Wikipedia).

Resep tteokbokki beraneka ragam, tidak hanya bahan-bahannya yang ditambahkan tetapi ada juga yang merubah dan memodifikasi sausnya. Ada yang ditambah telur, mandu (sejenis dumpling korea), sosis, seafood, maupun sayuran. Saya pribadi lebih senang jika ditambah sayuran seperti irisan wortel dan sawi putih atau daun kol.

Tteokbokki ini memakai pasta cabe Korea atau Gochujang.
Di negaranya sana untuk bikin gochujang katanya butuh waktu yang sangat lama, Namun sekarang ini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan-kemasan jadi lebih praktis. Meskipun begitu di Indonesia masih cukup susah didapatnya. Kalaupun ada hanya di supermarket-supermaket besar seperti Lottemart namun masih diragukan juga kehalalannya.

Setelah browsinh, saya dapat resep cara membuat Gochujang sederhana. Langkah awal mari kita buat Gochujangnya.

GOCHUJANG

Bahan:
3 sdm tepung beras ketan
6 sdm bubuk cabe merah
3 sdm cuka
1 sdm gula pasir
5 sdm kecap asin
5 siung bawang putih diulek

Cara Membuat
Campur cabe merah bubuk, kecap asin , gula dan bawang putih halusnya. Aduk hingga larut. Lalu tambahkan cuka dan tepung beras ketan juga sedikit gula lagi. aduk terus sampe semuanya tercampur rata. Kalau mau lebih enak, bisa difermentasikan dulu aja dengan menyimpannya di wadah tertutup yang kedap udara selama beberapa hari. Lalu setelah itu pindahkan ke kulkas. Tahan sampe setahun juga.

Sekarang mau masak Tteokbokki atau Bibimbap, gochujangnya sudah siap, selamat mencoba…..

Berikutnya membuat Tteok



TTEOK

Bahan:
250 gr tepung beras biasa ya bukan tepung beras ketan
Air 1 gelas ( secukupnya)
3 sendok minyak wijen (kalo ga ada bisa diganti minyak sayur juga kok)

Cara Membuat :
Campurkan tepung beras dan air ke dalam panci / wajan. Panaskan di kompor sambil diaduk2 sampe nantinya mengental dan bisa dibikin adonan. Setelah mengental matikan kompor dan biarkan agak dingin Lalu masukkan 2 sendok minyak wijen ke dalam adonan itu dan diuleni.


Setelah itu bentuk bulat-bulat memanjang. klo masih kliatan kurang licin tinggal oleskan aja minyak wijen lagi sambil terus dibikin bulat-bulat memanjang.

Yang dimangkok Biru Pasta Cabe Gochujang Sederhana ala Tatty's Kitchen

Setelah itu kukus tteok yang sudah kita buat tadi. Siap tuk dibuat Tteokbokki..



TTEOKBOKKI

Bahan:
Tteokk yang sudah dipotong-potong sekitar 2 cm an
3 siung bawang putih
1 siung bawang bombay
2 cabe merah
10 cabe rawit ( sesuai kepedasan yg diinginkan)
bawang daun diiris tipis melintang
Saos sambel secukupnya
kaldu bubuk ( aku pake masako)
gula pasir
minyak goreng untuk menumis
air
minyak ikan
biji wijen ( klo ada )
1/2 paprika merah biar warnanya lebih menyala


Cara membuat:
- Cincang bawang merah dan bawang bombay, sisihkan.
- Blender halus paprika, cabe merah, cabe rawit, sisihkan.
- Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan paprika, cabe merah dan cabe rawit yangvsudah diblender, aduk rata
- Masukkan tteokk yang sudah dipotong-potong tadi. Lalu tambahkan air, masako, minyak ikan, gula pasir, 1 sendok gochujang dan saos sambal. Kalo kurang asin bisa ditambah garam. Intinya diicip-icip saja sampai rasanya pas.
- Biarkan sampe air menyusut dan bumbu diserap tteokknya. sebelum diangkat taburkan daun bawangnya. Taro di piring dan taburi biji wijen.



بارك الله فيكم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar