Selasa, 24 Januari 2017

SoP AYAM ala PAK MN KLATEN


بسم الله الرحمن الرحيم


Pas Syifa ngirim resep nih digrup DU,  langsung ngileeeer..  Harus direcook nih,  tapi mesti cari ayam yang masih segar..  Hmmm,  jadi ingat Ayam-Ayamnya suamiku di Bone,  entah masih ada atau sudah habis ditinggal pergi.. 
Alhamdulillah kebetulan ada teman suamiku yang  mau jual ayam, harganya 45rb/ekor. Setelah ayamnya datang, saya jadi rindu sama ayamku di Bone yang gemuk-gemuk soalnya ayam yang saya beli ini bisa dibilang ayam ABG.. Lagi masa pertumbuhan..hahaha.. Berikut saya bagikan resep yang sudah dimodifikasi sama Syifa. Saya cuma mengganti daun bawang jadi bunga bawang trus kayu manis saya skip..



 Lihat resep Sop yang lain

Sop Konro
Sop Iga Sapi

 

Sop Ayam ala Pak Min Klaten

Bahan :
- 1 ekor ayam kampung (potong-potong menjadi beberapa bagian, lumuri dengan garam dan diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih)
- 3 tangkai seledri (rajang halus)
- 4 helai daun bawang (rajang halus)
- 1 ruas jahe (memarkan)
- 1 ruas lengkuas (memarkan)
- 2 batang serai (memarkan)
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt pala bubuk
- 2 sdt lada hitam bubuk
- garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu Halus :
- 5 butir kemiri
- 5 siung bawang putih
(Bumbu halus ditumis hingga harum)

Cara Membuat :
1. Proses pertama :
• Rebus air dalam panci kira-kira hingga ayam terendam seluruhnya tunggu hingga mendidih.
Kemudian masukkan ayam ke dalam air rebusan, rebus kurang lebih selama 30-45 menit dengan api sedang. Proses ini untuk menghilangkan lemak pada ayam karena kita menginginkan kuah yang bening dan tidak berminyak.  


2. Proses kedua :
• Ganti air dengan yang baru, panaskan hingga mendidih kemudian masukkan ayam ke dalam air rebusan, masak dengan api sedang, tunggu hingga menjadi kaldu.
• Kemudian masukkan secara berurutan seledri, daun bawang, jahe, lengkuas, serai, daun salam, kayu manis, pala bubuk, lada hitam bubuk, garam dan gula pasir. Terakhir masukkan bumbu yang telah ditumis. Cek rasa..
Sajikan Panas Hangat..  ^^

بارك الله فيكم



Tidak ada komentar:

Posting Komentar