Senin, 08 Mei 2017

KRIPIK BAWANG MERAH

  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 ************************

 Browsing nyari resep kerupuk, ternyata jatuhnya pada resep ini. Saya ingat pernah juga ada resep kerupuk seperti ini punya K Asma Barru di DU, pas saya dapat memang mirip sih.. Diresep saya ini saya memadukan antara resep K Asma dengan resep Ita Dapur Griya kayangan.. berikut resepnya...



KERUPUK BAWANG MERAH

Modif By Tatty


✔️ Bahan:

500 gr tepung terigu
100 gr tepung tapioka
1 sachet masako
1 sdt gula pasir
1 sachet kecil lada bubuk
2 buah telur
5 butir bawang merah, haluskan
3 sdm bawang merah goreng,  remas-remas
1 sachet santan kara ukuran kecil
3 sdm margarin,  dicairkan
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


✔️ Cara Membuat:


- Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam sutu wadah, tambahkan royco, gula pasir, lada bubuk dan bawang merah goreng,  aduk hingga semua tercampur rata.

- Dalam wadah lain,  Kocok telur lalu masukkan santan kental, bawang merah yang sudah dihaluskan, aduk rata.

- Masukkan kocokan telur dan santan ke tepung terigu yang sudah dicampur tadi.  Uleni hingga rata,  masukkan margarin cair,  uleni lagi.  Jika belum kalis,  tambahkan sedikit air lalu uken lagi.  Diamkan adonan 10 menit

- Siapkan alat giling mie/mesin pasta/ampia, giling adonan kripik dari no .5 dan giling hingga kalis, kurang lebih 3 kali. Lanjutkan giling ke no.3, giling 2 kali. Naik lagi giling ke no.1 (Ini untuk gilingan mie punya Ana yah, beda merek beda pula no urut gilingnya. Ada yang dari no.kecil ke no.besar)

- Taburi adonan kripik yang sudah tipis dengan tepung terigu, potong sepanjang 30cmx15cm kemudian gulung dan olesi dengan air diujung gulungan. Potong serong dengan gunting.

- Goreng dalam Minyak goreng dengan panas api sedang. Bolak balik kripiknya agar tidak gosong, jika sudah kuning kecoklatan segera angkat, dan tiriskan. Dinginkan...baru disimpan dalam tempat yang kedap udara, atau dikemas dengan plastik/toples bening.

Jika ada yang kurang, tafadhdhol berimajinasi dan berkreasi......^^

باَرَكَ اللهُ فِيْكُمْ

*********************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar